Cara Menghilangkan Bercak Putih di Wajah Dengan Mudah dan Alami !

Tratak yang dalam istilah medis disebut sebagai Pityriasis alba adalah gangguan kulit yang tampak seperti bercak putih biasanya muncul di pipi. Awalnya tratak hanya muncul sebagai bintik putih kecil namun lama kelamaan jika dibiarkan akan terus melebar. Sekilas mirip dengan panu tapi jika dilihat lebih dekat keduanya jelas beda.


Kehadiran tratak dapat merusak penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Kita memang dapat menyamarkan tratak di wajah dengan make up ( terutama wanita ) tapi jelas yang kita butuhkan adalah solusi yang permanen dan ampuh. Tak perlu khawatir karena ada cara menghilangkan tratak pada wajah dengan bahan alami. Sebelum membahas cara menghilangkan tratak di pipi, pertama - tama kita bahas apa sih penyebab munculnya penyakit kulit satu ini. 

Apa Sih Penyebab Tratak di Wajah ?

Penyebab utama tratak adalah reaksi antara sinar matahari dengan keringat dari kita sendiri. Sinar ultraviolet di matahari dapat menghilangkan pigmen hitam di kulit pipi sehingga hanya tersisa bercak putih saja. Keringat yang muncul ketika kita kepanasan juga memperparah keadaan, keringat yang merupakan air bisa memantulkan sinar sehingga kulit kita makin terpapar.

Sebenarnya tidak hanya di wajah, tratak sering terlihat di bagian tubuh yang terpapar sinar matahari seperti tangan dan kaki. Tidak heran banyak masyarakat Indonesia yang menyebut penyakit kulit ini akibat jilatan matahari. Mereka yang bekerja di bawah sinar matahari secara langsung sangat rentan terkena tratak.

Vitiligo yang dikenal sebagai kelainan pigmentasi kulit juga merupakan salah satu penyebab munculnya bercak putih di kulit. Selain itu tratak juga bisa dikarenakan penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit. Apalagi kosmetik yang berbahan kimia berbahaya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Tratak di Wajah

Solusi medis adalah dengan salep yang dijual di apotik untuk menghilangkan tratak pada wajah. Sebenarnya tidak ada salep khusus untuk tratak tapi anda bisa memakai salep kulit yang ada di pasaran, contoh saja krim Steroid Tropikal ringan. Oleskan salep tiap kali habis mandi pagi dan sorehari.

Solusi alami untuk menghilangan tratak adalah sinar matahari itu sendiri, caranya cukup dengan berjemur di sinar matahari tanpa adanya keringat ataupun air di atas kulit. Walaupun ultraviolet adalah penyebab kebanyakan kasus tratak tapi sebaiknya jangan menghindarinya karena sinat matahari banyak memiliki manfaat, salah satunya pada kesehatan kulit kita.

Sedangkan untuk perawatannya kita bisa memakai masker saat malam, kita dapat menggunakan masker langsung jadi ataupun membuat sendiri secara tradisional

Untuk hasil dari menghilangkan tratak yang cepat, kita bisa mengkombinasikan ketiga cara di atas.

Cara Mencegah Muncul Tratak di Kulit

Agar tratak tidak sampai muncul di kulit anda maka lakukan beberapa langkah di bawah ini :
  • Pakailah lotion yang mengandung sunblock
  • Sekarang banyak sekali merk lotion yang menawarkan sunblock dengan anti ultraviolet
  • Pakailah pakaian tertutup dan aksesoris yang dapat melindungi kulit.
  • Jika anda keluar rumah pun sebaiknya menggunakan pakaian yang tertutup. Jika misal saat berkendara dengan motor gunakan jaket, sarung tangan, masker dan helm yang tertutup.
  • Makan makanan bervitamin E dan B1
  • Vitamin E terkenal memiliki banyak manfaat untuk peremajaan kulit sedangan Vitamin B1 diperuntukkan untuk memperlancar peredaran darah termasuk di jaringan bawah kulit wajah.
  • Usahakan tidak banyak keringat di kulit saat terkena sinar matahari
  • Saat udara panas, bawahlah sapu tangan ataupun tisu untuk mengelap keringat yang keluar.
Demikian artikel tentang Cara Menghilangkan Tratak di Wajah dengan Cepat. Dengan melakukan kedua langkah di atas tentunya tratak akan hilang dan tidak akan mampir lagi kulit wajah anda. Selamat mencobanya semoga berhasil !

Sumber : carabuas

0 Response to "Cara Menghilangkan Bercak Putih di Wajah Dengan Mudah dan Alami !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel