Apa Itu Human Papiloma ? Virus Yang Menjadi Penyebab Utama Kangker Leher Rahim !

Papiloma adalah suatu jenis tumor yang menyerang jaringan  epitel dan memiliki sifat jinak. Tumor jenis ini paling umum ditemui dalam rongga mulut.

Papiloma bila dilihat secara makroskopi, maka akan tampak seperti massa eksofitik yang berukuran kecil, berwarna merah muda hingga putih, dan memiliki diameter kurang dari 1 cm. Permukaan papiloma bersifat licin dan berbintil-bintil atau mempunyai tonjolan seperti jari-jari kecil..Kelainan ini memiliki dasar yang bertangkai dan memiliki batas yang jelas antar papiloma.


Gejala atau kondisi papiloma intraduktal agak sulit dikenali sendiri sehingga sangat penting untuk mendiskusikannya dengan dokter. Papiloma intraduktal juga dapat menyebabkan pembesaran p4yud4r4, benjolan, ataupun rasa sakit, meskipun terkadang benjolan tidak bisa dirasakan.

Tidak ada cara khusus untuk mencegah tumbuhnya papiloma intraduktal. Namun, deteksi p4yud4r4 sendiri di rumah setiap bulan, memeriksakan p4yud4r4 secara rutin di dokter, dan menjalani mamogram rutin dapat mengurangi risiko dan membantu Anda mengatasi kanker lebih dini. Jika ada kekhawatiran tentang kesehatan p4yud4r4, segera  hubungi dokter.

Standar pengobatan untuk kondisi ini biasanya melibatkan operasi untuk menghilangkan papiloma dan bagian saluran susu yang terkena.  Jaringan ini kemudian akan diuji untuk mendeteksi adanya sel-sel kanker. Jika tes pada jaringan yang telah  diangkat tersebut menunjukkan sel-sel kanker,  Anda mungkin akan membutuhkan tindakan lebih lanjut.

Apakah jenis virus ini terdengar asing di telinga Anda? Ya, human papilloma virus (HPV) memang tidak terlalu popular jika dibandingkan denganhuman immunodeficiency virus (HIV) yang menjadi penyebab AIDS. Lalu, seberapa berbahayakah jenis virus ini? Human Papiloma Virus merupakan jenis virus yang dapat menyebabkan kanker serviks atau leher rahim pada wanita.

Virus ini diduga dapat menginfeksi manusia melalui hubungan badan, namun tidak hanya itu kontak luka dengan penderita HPV juga dapat menginfeksi Anda. Beberapa penularan bahkan dapat terjadi melalui proses persalinan. Maka, ada baiknya untuk segera memeriksa kesehatan walaupun gaya hidup yang Anda lakukan cukup terkendali.

Menurut WHO ada ratusan ribu wanita yang terdiagnosis mengidap HPV dan ribuan diantaranya meninggal karena infeksi yang menyebabkan kanker leher rahim. Penyakit ini bahkan berkembang dikalangan negara maju, terutama dikalangan orang-orang yang menerapkan gaya hidup bebas yang tidak sehat, seperti hubungan badanual dengan beragam pasangan.

Persentase sebesar 99% untuk HPV sebagai penyebab kanker leher rahim. Di Indonesia ada sekitar 77% wanita yang mengalami kanker leher rahim stadium lanjut. Sewaktu virus ini masuk, gejala awalnya memang tampak tidak terasa, namun setelah berakumulasi selama 10 hingga 20 tahun barulah terasa dampak dari aktivitas HPV dalam tubuh.

Waspadalah jika Anda mengalami perdarahan setelah berhubungan badan, keputihan yang tidak normal, terjadinya perdarahan walau sudah menopause, dan keluarnya cairan berwarna kekuningan yang bercampur darah disertai dengan bau busuk yang menyengat—bisa jadi itu gejala kanker leher rahim stadium lanjut.

Demikianlah informasi tetang Papiloma, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda di dunia kesehatan, sehingga membuat Anda semakin peduli dengan kesehatan diri Anda.

Sumber : infoherbalis

0 Response to "Apa Itu Human Papiloma ? Virus Yang Menjadi Penyebab Utama Kangker Leher Rahim !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel